Raker Komisi I, Evaluasi Perencanaan dan Progres Mitra Komisi

Bolmut – Komisi I DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat kerja bersama mitra kerja komisi yang berlangsung di Aula Sekretariat DPRD Bolmut, Selasa (24/8/2021).

Agenda yang melibatkan mitra kerja diantaranya BKPP, Disdikbud serta Dinkes Bolmut itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Reksosiswoyo Binolombangan didampingi Sekretaris Komisi, Budi Setiawan Kohongia, S.Pd.

Dalam rapat kerja tersebut, pihak Komisi I mengevaluasi progres serapan anggaran dari masing-masing instansi yang dihadirkan.

Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Reksosiswoyo Binolombangan, mengurai agenda rapat kerja ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar serapan anggaran yang merupakan indikator utama sejauh mana program-program SKPD itu dilaksanakan, serta apa saja persoalan yang dialami oleh SKPD dalam menjalankan program kegiatan.

Dalam salah satu sesi rapat, Anggota Komisi I DPRD Bolmut, Mardan Umar, menekankan para mitra kerja agar lebih cermat melakukan perencanaan pada setiap program, sehingga tidak akan muncul berbagai persoalan ditengah jalan, yang mengakibatkan lambatnya progres kerja setiap SKPD ditahun anggaran berjalan.

Meski demikian, terkait hal ini pula, Anggota Komisi I, Husen Yahya Suit Pontoh, menegaskan agar masing-masing mitra kerja dapat tetap memaksimalkan program kerja yang sudah direncanakan berjalan di tahun 2021, mengingat saat ini sudah masuk penghujung triwulan III tahun berjalan.

Iapun memastikan pihak Komisi akan tetap menjalankan fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap program yang melekat di masing-masing instansi.

Data yang dihimpun, secara keseluruhan, progres mitra kerja yang dihadirkan dalam raker Komisi I masih pada serapan anggaran 30 hingga 50 persen, diantaranya BKPP 33, 20 persen, Disdikbud 53 persen dan Dinkes 41,09 persen. Minimnya serapan anggaran ini oleh masing-masing intansi diakui terhambat oleh situasi pandemi. BKPP misalnya, oleh pimpinan Instansi Khristanto Nani, S.STP mengungkap adanya sejumlah kegiatan yang memangĀ  terhambat karena pandemi, diantaranya Latsar CPNS serta Pelaksanaan Seleksi CPASN 2021 yang harus kembali menunggu juklak dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I, Budi Setiawan Kohongia, S.Pd, mengurai adanya sejumlah catatatan terkait persoalan yang ditemui Komisi I DPRD Bolmut selama jalannya program kegiatan dari SKPD yang menjadi mitra kerja. Hal ini dikatakan nantinya akan menjadi rujukan pihak DPRD untuk kemudian disampaikan kepada Bupati Bolmut agar dapat dievaluasi. (dic)

Benner Kepala