banner 728x250
Berita UtamaBolmut

Kunjungan Pasien Terus Meningkat, RSUD Bolmut Miliki Asa dan PR Menuju BLUD

×

Kunjungan Pasien Terus Meningkat, RSUD Bolmut Miliki Asa dan PR Menuju BLUD

Sebarkan artikel ini
Rekapan Pelayanan RSUD Bolmut periode September 2023
Sumber: RSUD Bolmut

Bolmut – Kabar baik datang dari RSUD Bolaang Mongondow Utara. Pasalnya, Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Bolmut ini semakin dipercaya masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan pasien ke Rumah Sakit yang terletak di Desa Tomoagu Kecamatan Bolangitang Barat itu, yang meningkat signifikan di tahun 2023 ini.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement

Direktur RSUD Bolmut, drg. Firlia Mokoagow mengatakan, tingkat kepercayaan terhadap pelayanan RSUD Bolmut yang meningkat, tidak lepas dari dukungan masyarakat dan unsur Penyelenggara Pemerintahan serta upaya pembenahan yang terus dilakukan oleh seluruh elemen di RSUD Bolmut.

Ia pun mengungkap saat ini, RSUD Bolmut memiliki tantangan untuk bertransformasi secara mandiri lewat pengelolaan BLUD, sehingga dapat lebih mengoptimalkan pelayananan di bidang kesehatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dari sisi manajemen, pihak RSUD Bolmut dirasa sudah mampu beralih ke pengelolaan BLUD. Ini dibuktikan dengan pencapaian pendapatan RSUD Bolmut yang sudah melampaui target PAD 3 Miliar, bahkan sudah mencapai angka separuh dari DAU yang dialokasikan daerah.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha RSUD Bolmut, Sutri Buhang, S.Kep, mengurai, pihaknya optimis tahun ini pendapatan RSUD bisa menyentuh angka 10 Miliar. Bukan tak beralasan, optimisme RSUD Bolmut ini berbanding lurus dengan angka kunjungan dan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat.

Dilain pihak, Anggota DPRD Bolmut, Budi Setiawan Kohongia, S.Pd menyambut baik upaya pembenahan dan pengelolaan yang terus dilakukan pihak RSUD Bolmut.

Sebagai salah satu unit kerja yang selama ini terus menunjukkan progress dalam menopang PAD, Kohongia menilai RSUD Bolmut sudah harus melangkah pada pengelolaan BLUD.

“Jika sudah BLUD tentu pelayanan akan maksimal, tidak ada lagi kebergantungan kepada anggaran Pemerintah, rumah sakit sudah bisa mengelola dan membelanjakan sendiri kebutuhan pelayanan seperti obat-obatan dan kebutuhan lainnya”, jelas Kohongia.

Meski demikian, Anggota Komisi I DPRD Bolmut itu menekankan agar sinergitas yang maksimal perlu dibangun untuk mencapai asa atau harapan pengelolaan BLUD di RSUD Bolmut, sebab masih banyak PR yang harus diintervensi dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah, sehingga manajemen dan pelayanan kesehatan di RSUD Bolmut dapat terus meningkat dan semakin dipercaya masyarakat.