Banner Iklan Infojejak

Walikota Caroll Senduk Dan Wawali Wenny Lumentut Sudah Dicoklit

TOMOHON, maniapost.com, Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) Pemilu 2024, mengunjungi kediaman Wakil Walikota Tomohon di Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah, minggu (12/2/2023), dan di Kediaman Walikota Tomohon Kelurahan Kakaskasen Dua, Senin (13/2/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pantarlih Pemilu 2024 untuk melakukan Coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih, dalam rangka Pemilu (Pemilihan Umum) serentak 2024.

Untuk diketahui, Coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU melalui Pantarlih, yakni dengan menemui secara langsung para pemilih, dan hasil Coklit nantinya akan menjadi acuan KPU dalam menyusun daftar pemilih dalam Pemilu.

Para pemilih hanya menyiapkan data seperti KTP dan KK, dan Pantarlih akan mengunjungi setiap rumah tanggal 12 Februari – 14 Maret 2023 untuk mendata para pemilih, agar para pemilih terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu Serentak 2024.

Selain itu, warga yang telah dicoklit mendapatkan tanda bukti berupa lembaran berisi nama-nama penghuni rumah yang berhak menggunakan hak pilihnya, dan mendapatkan stiker khusus untuk ditempelkan dirumah yang bersangkutan, sebagai tanda bahwa rumah tersebut telah selesai dicoklit petugas.

Menyikapi proses Coklit tersebut, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon senada berharap, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih yang akan berlangsung kedepan akan berjalan lancar, sehingga Pemilu serentak 2024 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Walikota Tomohon juga menyampaikan, Pemerintah kota Tomohon mengajak seluruh masyarakat untuk menerima para Pantarlih ini dalam melakukan Pencocokan dan penelitian data-data.

Diharapkan masyarakat dapat memberi kontribusi yang baik dalam kegiatan pencocokan dan penelitian ini, dan presentase keikutsertaan sebagai pemilih di Kota Tomohon akan lebih meningkat.

Ikut mendampingi Pantarlih di kediaman Wakil Walikota yaitu, Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu, Komisioner KPU Tomohon Jacobus Wowor dan Albertien Pijoh bersama unsur terkait lainnya, dan di kediaman Walikota Hadir Ketua KPU Tomohon Haryanto Lasut dan Komisioner KPU Tomohon Albertien Pijoh, Jacobus Wowor, Panwas dan anggota Pantarlih.

(M)