Update Covid-19 di Bolmut

2 OTG, 8 ODP, 0 PDP

Bolmut – Update terbaru dari Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui pusat informasi covid-19 Infocov Bolmut, mencatat data pantauan covid-19 pertanggal 31 Maret 2020 sebanyak 2 (dua) orang tanpa gejala (OTG), 8 (delapan) orang dalam pemantauan (ODP) dan 0 (nol) pasien dalam pengawasan (PDP).

Status ini pun belum mengalami perubahan, sebagaimana informasi yang dihimpun Jurnal Share hingga Kamis (2/4/2020).

Dikonfirmasi Kamis (2/4), Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr.Jusnan Mokoginta, mengurai berdasarkan definisi operasional yang ditetapkan, pedoman covid-19 oleh Kementerian Kesehatan tentang penetapan ODP telah direvisi pada kasus orang yang mempunyai gejala demam diatas 38 derajat celcius, sakit pada tenggorokan dan gejala flu berupa batuk dan pilek, serta memiliki riwayat perjalanan dari Negara atau Daerah Transmisi Lokal.

Untuk Kabupaten Bolmut sendiri menurut Jusnan, menjadi perhatian serius karena aksesnya dekat dengan wilayah Manado yang sudah ditemui kasus positif.

Meski demikian, sampai saat ini tambahnya, Kota Manado belum ditetapkan sebagai daerah transmisi lokal karna kasus masih terhitung import.

Terkait hal ini pula, Jusnan mengklarifikasi bahwa status 50 ODP beberapa waktu lalu, termasuk diantaranya mereka yang memiliki riwayat perjalanan dari kota Manado sebanyak 42 orang, telah dikeluarkan dari jumlah ODP. sehingga setelah disesuaikan dengan pedoman Kemenkes, status pantauan covid-19 di-update kembali sebagaimana data di Infocov Bolmut.

Pun demikian, Jusnan menegaskan bahwa 42 orang yang memiliki riwayat perjalanan tersebut, tetap dipantau secara ketat oleh tim satgas covid-19 kabupaten Bolmut. (dic)

UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP, SILAHKAN KUNJUNGI SITUS:

https://www.jurnalshare.com/

Benner Kepala