Tiga PC PMII Di Provinsi Gorontalo Mengutuk Keras Tindakan Represif Oknum Polisi Di Pamekasan

GORONTALO – Tiga Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang berada di wilayah Provinsi Gorontalo, masing-masing PC PMII Kota Gorontalo yang diketuai Farhan Ibunu, Bersama PC PMII Kabupaten Gorontalo diketuai Reinaldi Ahmad dan PC PMII Bualemo yang diketuai Ismail Duke, mengecam keras tindakan represif yang dilakukan oknum Polisi terhadap Aktivis PMII saat melakukan aksi tolak tambang di depan kantor Bupati Pamekasan, Kamis (25/6/2020).

Tindakan arogan dari oknum anggota Polisi ini dinilai telah mencederai demokrasi. menurut Ketua Cabang PC PMII Kota Gorontalo Farhan Ibunu saat dihubugi media ini via telfon seluler kamis (25/6/2020) mengatakan tindakan itu sangat tidak manusiawi.
“Mereka datang untuk menyampaikan aspirasi,bukan untuk dicederai. tugas Polisi melindungi demontrasi bukan sebaliknya,”ujar Farhan.

Farhan Ibunu selaku ketua PC PMII Kota Gorontalo mengaskan, PC PMII Kota Gorontalo mengutuk keras tindakan represif tersebut.  Upaya kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut merupakan bentuk pelanggaran terhadap prinsip-prinsip Negara Hukum dan sangat merendahkan kewibawaan sebagai abdi negara. “ini bukan hal yang sepele, sehingganya kepada pihak kepolisian agar dapat mengusut tuntas insiden pemukulan ini,”tegas Farhan.

Sementara hal yang sama diutarakan Ketua PC PMII Kabupaten Gorontalo Reinaldi Ahmad, bahwa tindakan yang dilakukan oknum polisi tersebut sangat memalukan, karena sudah tidak sesuai Dengan semboyan-semboyan institusi kepolisian yang seharusnya menjadi pengayom masyarakat. “Saya Menilai tindakan kekerasan anggota kepolisian Pamekasan itu telah menghianati kebebasan Dalam menyampaikan pendapat di muka umum, dan hal itu harus diusut tuntas degan seadil-adilnya,”jelas Reinaldi.

Pun demikian Ketua PC PMII Kabupaten Boalemo, Ismail Duke, mengecam keras kepada Kapolres Pamekasan yang dianggap membiarkan anak buahnya melakukan kekerasan terhadap aksi yang telah dilakukan oleh sahabat-sahabat PC PMII pamekasan
“Kami mengecam keras tindakan yang dilakukan oleh institusi Polri, terkhusus Polres Pamekasan dan itu wajib diusut tuntas,” tamba Ismail. (*/JS)

Benner Kepala