Solidaritas PWI Bolmut, Dorong Polri Usut Kasus Dugaan Pembunuhan Wartawan

PWI Bolmut Temui Kapolres Bolmut, AKBP Eko Kurniawan, SIK. (24/8)

Bolmut – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyampaikan keprihatinan atas meninggalnya Demas Leira, Wartawan Media Online Sulawesion.com di Kabupaten Mamuju Tengah, yang jenazahnya ditemukan pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2020 sekitar pukul 02.05 WITA.

Terkait hal ini, PWI Bolmut menggelar aksi solidaritas yang dikomandoi langsung oleh Ketua PWI Bolmut, Ramly Padju serta Sekretaris PWI Bolmut, Ramdan Buhang, dengan melayangkan pernyataan sikap yang juga disampaikan langsung ke Kapolres Bolmut, AKBP Eko Kurniawan, SIK, Senin (24/8/2020).

Berikut 5 (lima) poin pernyataan sikap PWI Bolmut:

  1. Prihatin dan mengecam serta mengutuk segala tindakan pembunuhan, penghalangan, kekerasan, intimidasi dan penganiayaan.
  2. Mendesak aparat penegak hukum segera mengusut tuntas dan menghukum seberat-beratnya kepada otak dan pelaku kasus dugaan pembunuhan terhadap wartawan tersebut sesuai ketentuan hukum perundang-undangan yang berlaku.
  3. Mendesak dan mendorong kepada media dan organisasi pers untuk selalu memperhatikan keselamatan wartawan dengan sesuai Standar Perlindungan Profesi Wartawan serta melakukan pendampingan hukum terhadap wartawannya
  4. Mengingatkan kembali agar wartawan selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan diri dalam melakukan kerja jurnalistik seperti melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila menerima ancaman dari pihak tertentu.
  5. Memohon semua pihak dan pemangku kepentingan untuk menunggu hasil penyelidikan dan serta menghormat hasil kerja tim penegak hukum sebelum melakukan langkah selanjutnya.
Benner Kepala