banner 728x250
Bolmut

Rudis Kepala Daerah Batal Dibangun, PUPR Bolmut Pasrah Silpa

×

Rudis Kepala Daerah Batal Dibangun, PUPR Bolmut Pasrah Silpa

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas PU Bolmut, Rudini Masuara. (Foto: Ist)

Maniapost – Setelah hampir satu dekade terbengkalai, rencana Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk merehab berat rumah dinas bupati dan wakil bupati di tahun ini kembali pupus. Hal ini dikarenakan proyek yang sudah teranggarkan di tahun 2022 tersebut batal dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bolmut. Padahal anggaran yang rencananya akan dikucurkan untuk pekerjaan tersebut ditata dengan nilai yang tidak sedikit.

Sebelumnya, dalam data sistem rencana umum pengadaan, anggaran rehab berat untuk rudis bupati dibanderol senilai Rp5 Miliar, sementara untuk rudis wakil bupati dibanderol dengan anggaran Rp2 miliar, masing-masing dengan proses tender.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement

Selain itu, terdapat pula penganggaran untuk perencanaan rehab rudis bupati sebesar Rp250 juta dan perencanaan rehab rudis wakil bupati senilai Rp100 juta, serta anggaran pengawasan dengan nilai masing-masing Rp80 juta untuk rudis bupati dan Rp50 juta untuk rudis wakil bupati.

Kepala Dinas PUPR Bolmut, Rudini Masuara, mengurai persoalan waktu yang tidak memungkinkan menjadi penyebab batalnya pekerjaan rehab rumah dinas tersebut. “Prosesnya kan memakan waktu lama, untuk pelaksanaan fisik masih mau di lelang lagi, jangan sampai tinggal satu bulan pelaksaaan pekerjaan, saya tidak mau ambil resiko”, ujar Masuara (1/8/2022).

Ditanya soal kebijakan pada anggaran yang sudah terlanjur ditata pada kegiatan rehab rudis tersebut, Rudini memastikan anggaran itu menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa). “Yang jelas tidak bisa kami laksanakan”, kunci Masuara. (dic)