Publikasi APBDes Lesu, Pemdes Diingatkan Soal Transparansi

Bolmut – Transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kembali di soal oleh Para Pemerhati di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Muksin Umar, Ketua Pemuda Muhammadiyah Pinogaluman, mengungkap masih terdapat sejumlah desa di Kabupaten Bolmut yang lambat mempublikasikan papan informasi APBDes.

Bacaan Lainnya

Untuk Kecamatan Pinogaluman sendiri, Muksin mengungkap banyaknya laporan masyarakat dari sejumlah desa yang mempertanyakan soal pembaruan informasi APBDes tahun 2024 ini.

Terkait hal ini pula, Ia mengingatkan 22 Desa di Kecamatan Pinogaluman, jika anggarannya sudah tersedia, agar segera mempublikasikan papan Informasi APBDes tahun 2024, sebagai bentuk transparansi pada Masyarakat mengenai pengelolaan keuangan desa.

“Publikasi APBDes ini ditekankan dalam peraturan perundang-undangan, baik UU 6/2014 maupun dalam Permendes PDTT 7/2021, sehingga wajib Bagi Pemerintah Desa untuk mempublikasikan APBDes di ruang terbuka agar dapat diakses masyarakat”, jelas Muksin.

Lebih lanjut, Muksin yang juga Wakil Ketua LSM LP KPK Bolmut ini meminta peran aktif BPD dalam mengawal kebijakan di desa, terlebih dalam hal tranparansi pengelolaan anggaran desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *