PKM Bintauna Mampu Poned, Namun Memprihatinkan

Bolmut – Pasca melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Mampu Poned Bintauna pada 14 Januari 2021, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapati sejumlah catatan penting terkait kondisi bangunan di PKM tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Reksosiswoyo Binolombangan, mengungkap, terdapat beberapa fasilitas yang belum disediakan di PKM yang berstatus mampu poned tersebut, diantaranya ruang isolasi.

Selain itu, sejumlah ruangan di PKM tersebut juga ditemui dalam kondisi bocor, bahkan toiletnya pun tidak bisa digunakan karena diduga wax ring bagian bawah toilet bocor sehingga tidak steril bagi pasien yang sedang dirawat inap.

Tak hanya itu, DPRD pun mendapati bahwa sejumlah fasilitas di PKM tersebut ternyata dibangun swadaya dengan biaya pribadi, tanpa menggunakan anggaran daerah.

“Tempat parkir misalnya, terinformasi itu menggunakan anggaran pribadi pegawai dan secara swadaya dibangun. Inikan miris, kasihan para pegawai di PKM”, bebernya.

Terkait hal ini, Ia menegaskan akan menindaklajuti keluhan tentang kondisi PKM Bintauna bersama Pemerintah Kabupaten Bolmut. Terlebih hingga saat ini, pihak PKM pun belum tau secara pasti apakah mereka diberikan hak secara otonom untuk mengelola anggaran ataukah memang melekat di Dinas Kesehatan. (dic)

Benner Kepala