banner 728x250
BolmutSultengGo

Perusahaan Kayu Serat Konsultasikan Rencana Investasi Di Bolmut

×

Perusahaan Kayu Serat Konsultasikan Rencana Investasi Di Bolmut

Sebarkan artikel ini

Maniapost – Dua perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi kayu serat yakni, PT. Global Tanaman Lestari dan PT. Hutani Cipta menggelar konsultasi publik (KP) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Senin (22/8/2022).

Agenda dipusatkan di Aula Hotel Tri Putra Boroko, dengan melibatkan unsur Pemerintah, Masyarakat dan para stakeholder terkait.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement

Pihak perusahaan melalui Manager Perizinan, Budi Santoso mengurai, agenda KP dimaksudkan untuk lebih memperkuat koordinasi antara perusahaan bersama Pemerintah dalam hal perizinan terkait rencana usaha produksi dan pengolahan kayu serat di Kabupaten Bolmut.

KP tersebut juga digelar guna mengetahui respon Masyarakat Bolmut dengan kehadiran PT. Global Tanaman Lestari dan PT. Hutani Cipta yang akan berinvestasi di Bolmut. “Kami berdiskusi dengan masyarakat, sehingga saran dari masyarakat terkait kegiatan perusahaan ini akan kami tampung semua. Untuk KP ini sendiri direncanakan akan berlangsung selama dua hari hingga Selasa (23/8/2023) di Hotel Triputra”, tambahnya

Sementara itu, pihak Perencaan Strategis perusahaan, Cryestian Haryantho, mengurai Kabupaten Bolmut sendiri memiliki peluang pemanfaatan kawasan hutan produksi yang dapat konversi (HPK). Kawasan HPK ini dapat dimanfaatkan karena bukan termasuk hutan pelestarian dan suaka alam.

Untuk proses pengolahan HPK ini, pihak perusahaan dikatakan akan melakukan penanaman tanaman kayu serat jenis akasia dan eukaliptus, yang akan diolah dan diproduksi menjadi serat kayu hingga kertas. Terkait strategi pengolahan, diurai akan menerapkan metode daur ulang, dimana dalam periode lima tahun sekali pohon akan ditanam dan dipanen.

Selain itu, Ia juga menegaskan pihak perusahaan akan tetap mengikuti prosedur dan regulasi yang ditetapkan pemerintah serta memprioritaskan kondisi lingkungan agar tidak menimbulkan dampak negatif sekitar.

Lebih lanjut, dikatakan jika perusahaan ini sudah mulai beroperasi, dipastikan akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi Masyarakat Bolmut. (dic)