Percepat Peningkatan IPM, DPRD Desak Sejumlah Poin ke Pemkab

Sekretaris Pansus DPRD Bolmut, Husen Yahya Suit Pontoh

Bolmut – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali mendesak pemerintah daerah (Pemda) untuk mempercepat peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Bolmut, yang indikatornya meliputi, kualitas bidang pendidikan, kesehatan,
dan kesejahteraan penduduk (pendapatan penduduk), angka melek huruf, lama sekolah serta pengeluaran perkapita angka harapan hidup.

Desakkan tersebut dituangkan dalam rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bolmut dan telah disampaikan ke Bupati Bolmut, pada rapat Paripurna DPRD Bolmut (2/6/2020).

Adapun beberapa poin rekomendasi DPRD terkait upaya peningkatan IPM, sebagaimana disampaikan Sekretaris Pansus DPRD, Husen Yahya Suit Pontoh, adalah, untuk mengurangi kesenjangan pendapatan, yang dapat dilakukan pemerintah yakni menciptakan lapangan kerja bagi warga yang masih menganggur. Kemudian, perlunya dibuat perda perlindungan investasi daerah Kabupaten Bolmut, dengan tujuan agar pelaku usaha yang berinvestasi di Kabupaten Bolmut mengambil bahan dan tenaga kerja dari wilayah Kabupaten Bolmut, hal ini untuk mengurangi pegangguran dan kemiskinan secara sekaligus.

Selain itu, DPRD juga mendorong kepada pemerintah daerah untuk mempercepat pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Bolmut, serta membuka peluang seluas – luasnya kepada mereka yang putus sekolah dan tidak lulus SMP ataupun SMA untuk menempuh pendidikan melalui program paket B dan C yang digratiskan. (dic)

Benner Kepala
Benner Kepala