Pengamat Beri Pandangan Terhadap Istana Atas Kisruh Partai Demokrat

Presiden RI, Joko Widodo

Jakarta – Pengamat Politik, Adi Prayitno menilai Jokowi perlu bertindak untuk menyelesaikan sengketa Partai Demokrat. Menurutnya, Jokowi maupun pihak istana sebaiknya memberikan pernyataan resmi, sebab keterlibatan Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Dilansir dari CNN, Adi yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik mengatakan suara Jokowi diperlukan untuk meluruskan opini publik yang cenderung menilai pemerintah ikut andil dalam kudeta Demokrat. Suara Jokowi juga bisa memperbaiki nama baik pemerintah sekaligus memberikan penegasan bahwa tindakan Moeldoko tak ada kaitannya dengan pemerintahan.

Ia menilai Presiden Jokowi perlu memberikan pernyataan resmi. Jika tidak, ada implikasi serius yang berasal dari persepsi rakyat.

Sementara dilain sisi, Adi menduga sikap diam Istana terkait kisruh Demokrat bisa jadi karena Jokowi masih melihat persepsi publik terkait persoalan ini. Dan jika desakan publik terhadap Jokowi makin kencang, tak menutup kemungkinan pihak Istana akan langsung menyikapi persoalan ini.

Sementara itu, Pengamat Politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai presiden tak perlu terlibat dalam konflik di Partai tersebut. “Pemerintah disarankan agar tetap fokus menangani masalah pandemi Covid-19 dan menjalankan program pembangunan”, ujarnya Jumat (13/3).

Dikatakan, keterlibatan Jokowi dalam kisruh Demokrat juga dianggap bisa menjadi bumerang bagi pemerintah sendiri. Pemerintah bisa dianggap menghalangi sikap politik Moeldoko sebagai warga negara yang juga memiliki hak yang sama. (*)

Benner Kepala