Kunker Djafar Alkatiri Ke Bolmut, Masyarakat Mengiaskan “Senator Pulang Kampung”

Foto: Kunjungan Ir. H. Djafar Alkatiri ke Bolmut. (Foto Dok. Prokopim Bolmut)

Bolmut – Anggota DPD RI, Ir. H. Djafar Alkatiri menggelar kunjungan kerja sekaligus silaturahmi ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rabu (6/10/2021).

Kunjungan Senator yang juga dikenal religius ini diawali dengan sosialisasi dan pemaparan UU Nomor 16 tahun 2006 tentang sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, bertempat di Aula Bapelitbang Kabupaten Bolmut.

Djafar mengatakan, UU ini mengatur tentang sistem penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan secara holistik dan komprehensif dalam suatu pengaturan yang terpadu dan serasi antara penyuluhan yang diselenggarakan oleh kelembagaan penyuluh pemerintah, swasta, dan swadaya kepada pelaku utama dan pelaku usaha.

Meski demikian selama berlakunya UU ini, diakui masih terdapat kelemahan dalam implementasinya, terlebih pada sektor kemajuan teknologi yang mengharuskan dilakukan penyesuaian materi muatan dalam UU tersebut. Terkait hal ini, diungkapkan bahwa DPR, DPD, dan Pemerintah sudah menetapkan UU 16/2006 sebagai salah satu UU yang masuk dalam daftar program legislasi nasional (prolegnas) prioritas tahun 2021.

Agenda Djafar kemudian dilanjutkan di desa Busato, Kecamatan Pinogaluman, untuk memenuhi undangan masyarakat setempat dalam ritual mandi safar. Dalam kesempatan tersebut atas harapan masyarakat melalui Bupati Bolmut, Djafar Alkatiri diminta membuka kegiatan adat mandi safar bersama jajaran Pemkab Bolmut dan masyarakat.

Di kesempatan setelahnya, Djafar Alkatiri memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pegawai dan tenaga pendidik di lingkungan Kemenag Kabupaten Bolmut. Dalam agenda ini, segenap perwakilan guru menyampaikan keluhan tentang peningkatan sistem pendidikan dan kesejahteraan tenaga pendidik di lingkungan Kemenag Bolmut.

Agenda Djafar kemudian ditutup dengan silaturahmi dan diskusi bersama sejumlah tokoh dan pemuda Bolmut di kawasan wisata Pantai Batu Pinagut Boroko.

Salah seorang Tokoh Pemuda, Ahmad Julfikar Alamri, mengungkap, kedatangan Djafar Alkatiri ke Kabupaten Bolmut dapat dikiaskan dengan ungkapan “Senator pulang kampung”. Hal ini dikarenakan Senator yang juga dikenal kritis ini termasuk Tokoh yang familiar dan dekat dengan Masyarakat Bolmut. (dic)

Benner Kepala