DPRD Bolmut Tindaklanjuti Ancaman Abrasi dan Erosi Boltim Sangkub

Bolmut – Selasa (16/2/2021), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bolmut.

Komisi III DPRD Bolmut meninjau lokasi pengikisan

Sebelumnya, pada Senin (15/2/2021), Komisi III DPRD Bolmut mengunjungi sejumlah titik di wilayah Kecamatan Bolangitang Timur dan Sangkub, terkait keluhan masyarakat akan ancaman erosi sungai dan abrasi pantai yang mulai mengikis kawasan pemukiman warga.

Raker Komisi III ini melibatkan Assisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan, Jacomina Mamuaja, Sekretaris Dinas PUPR, Kepala Bidang SDA serta Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Bolmut.

“Merujuk dari persoalan ini, maka Komisi III DPRD menggelar rapat kerja bersama instansi teknis yakni DPUPR Bolmut, guna mencari solusi dan tindaklanjut keluhan warga tersebut”, ujar Ketua Komisi III DPRD Bolmut, Sartono Dotinggulo.

Ia mengungkap, bahwa dari hasil kunjungan Komisi III, ditemui sejumlah titik yang benar mengalami erosi dan abrasi yang mengancam pemukiman. ” Di desa Saleo, Kecamatan Bolangitang Timur, salah satu rumah warga terancam amblas, kemudian di Kecamatan Sangkub, adanya ancaman erosi di sungai Ilanga desa Pangkusa, serta abrasi pantai di desa Sompiro”, tambahnya

Sementara itu, terkait hal ini, Anggota Komisi III, Suriansyah Korompot, SH menegaskan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya bersama instansi teknis, akan menyambangi Balai Wilayah Sungai Sulawesi I untuk mendorong tindaklanjut persoalan ini.

Informasi yang dirangkum, solusi yang ditawarkan dalam persoalan ini ialah normalisasi sungai serta pembangunan talud penahan. Dan upaya ini rencananya akan di dorong ke Pihak Balai Sungai Sulawesi I, pada 18 Februari 2021. (dic) di

Benner Kepala