DPRD Bolmut Ditantang Soal Penambahan Armada Damkar

Maniapost – Masalah penanganan kebakaran yang masih minim di Kabupaten Bolmong Utara disoal dalam reses DPRD Bolmut dapil II pada Selasa (8/11/2022).

Hal ini sebagaimana ditegaskan Kepala Desa Bolangitang I, Abd Azis Pontoh. Dalam reses tersebut, Pontoh mengungkap keprihatinannya atas penanganan kebakaran yang rentan terjadi pemukiman warga.

Belum lama ini, Pontoh mengurai musibah kebakaran yang menimpa beberapa rumah di wilayah Desa Bolangitang I yang tidak mendapatkan penanganan maksimal dari Pemerintah hingga mengakibatkan dua Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal.

Tak hanya itu, Pontoh juga mengungkap di tahun 2022 ini, musibah kebakaran juga sempat menimpa warga Sangkub, yang juga akibat keterlambatan penanganan, menyebabkan 3 unit rumah dilahap si jago merah.

Ia mengurai, keterbatasan armada damkar dari Pemerintah Bolmut yang hanya memiliki 1 unit menjadi kendala dalam penanganan masalah kebakaran ini.

Hal ini pun dikatakan sudah berulang kali disampaikan ke pihak Pemerintah meski sampai saat ini belum mendapat kejelasan soal tindak lanjut. “Sehingga dalam kesempatan reses ini, kami menantang DPRD agar dapat memperhatikan persoalan ini”, jelasnya.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi I, Husen Yahya Suit Pontoh mengungkap hal ini sudah berulang kali dibahas bersama TAPD meski dalam keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Pun demikian, ditegaskan DPRD akan terus mendorong kebutuhan armada damkar ini dengan menuntut Pemerintah Daerah untuk mampu memberikan langkah-langkah strategis dan inovatif sehingga tidak ada lagi alasan keterbatasan anggaran.

Lebih lanjut, Ia mengurai harus adanya langkah-langkah antisipatif terhadap korban-korban kebakaran dengan penyiapan dana sosial dari pemerintah.

Ia menegaskan, persoalan ini menjadi peringatan bagi Pemerintah Daerah, bahwa kebutuhan damkar ini tidak boleh disepelekan dan menjadi aspirasi prioritas kami di DPRD. (dic)