Dispar Rintis Lahirnya RIPPARKAB, Dorong Pariwisata Bolmut

Bolmut – Dalam upaya memastikan pembangunan kepariwisataan yang terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab, maka di tahun 2021 ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) merintis lahirnya Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB) untuk destinasi wisata di Kabupaten Bolmut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmut, Mohamad Noh Djarumia, SE, M.Si, mengungkap, RIPPARKAB ini menjadi syarat penting dalam perencanaan pembangunan kepariwisataan, sehingga arah kebijakan yang menyangkut pembangunan destinasi wisata di Kabupaten Bolmut akan terukur secara sistematis, yang tentunya sesuai dengan nilai nilai agama, budaya masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup serta kepentingan daerah dan nasional.

Ia pun mengurai, adanya RIPPARKAB ini, tentu akan berdampak positif, terutama bagi kontribusi peluang pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bolmut, baik menyangkut program-program pengembangan pariwisata dari Pemerintah Pusat maupun bagi pelaku investasi yang akan mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten Bolmut.

“Sebab, RIPPARKAB mengurai secara terperinci arah perencanaan, pengelolaan, dan pengendalian pembangunan kepariwisataan di setiap destinasi yang ada di Kabupaten Bolmut, serta sebagai pedoman pengembangan daya tarik wisata yang ada. Tahun ini program untuk belanja jasa konsultasi RIPPARKAB telah diusulkan, semoga akan berjalan lancar”, tutup Djarumia. (dic)

Benner Kepala