Catatan HUT Bolmut Ke-15 Tahun

Oleh: Indrawan Laupu, SP

Bolmut – Lima belas tahun lalu telah terbentuk sebuah daerah baru di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di bagian pantura Bolaang Mongondow Raya (BMR), yang Masyarakat Pinogaluman dan Sangkub mengenal dengan nama Binadow. Sebuah harapan besar bagi masyarakat Pantura saat itu apabila daerah ini terbentuk akan menjadi satu daerah otonom dalam hal kesejahteraan dan kepentingan masyarakat pada umumnya.

Umur daerah ini sudah memasuki 15 tahun. Kalau disamakan dengan umur manusia, saat ini Bolmut sudah akan memasuki masa remaja. Pada usia yang tidak muda lagi saat ini, memang sudah banyak yang dilakukan, namun juga tidak bisa pungkiri masih banyak yang harus ditingkatkan baik pada sisi pendidikan, kesehatan, pembagunan, pertanian serta pada sektor-sektor lain yang jauh dari harapan masyarakat Bolmut pada umumnya. Ada sebuah kesepakatan (komitmen) para pelaku sejarah saat itu yakni “Tidak ada sejengkal tanah dan seorang manuasia yang akan termajinalkan’)”. Jika kita menyusuri sejarah perjuangan pembentukan daerah ini, banyak para pejuang daerah ini yang sudah mendahului kita, karena beberapa hari lalu telah dilakukan ziarah di beberapa titik makam para pejuang pemekaran.

Bolmut sudah memasuki umur 15 Tahun tetapi masih banyak harapan Masyarakat yang belum terealisasi, karena menumpuknya permasalahan yang dihadapi. Memang kadang datang sebuah pemikiran yang cenderung larut dalam keluh kesah tentang persoalan yang dirasakan oleh masyarakat pada umumnya.

Peran pemuda sangat penting dalam kelangsungan pembagunan. Sebuah catatan sejarah pembentukan daerah ini, pemuda mempuyai kontribusi besar, mereka yang tidak mengenal panasnya matahari dan deras hujan, demi untuk sebuah perjuangan untuk memekarkan daerah Binadow saat itu.

Pada Momentum Milad Bolmut Ke-15 tahun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut, karena saat ini masi banyak masyarakat yang mengeluhkan akan kelangkaan mendapatkan pupuk, minimnya bantuan studi akhir, pembagunan yang tidak merata, pelayanan kesehatan yang kurang maksimal dan masih banyak lagi keluhan-keluhan masyarakat yang harus dibenahi Pemda Bolmut. Ini sebuah catatan Pemda Bolmut pada momentum Milad Bolmut Ke-15 Tahun.

Pos terkait