Bolmut, Gorut, Buol dan Bone Bolango Dorong Sektor Pariwisata Dalam Forum BKSU

Sekda Bolmut, DR. Asripan Nani, hadir dalam rapat kerja BKSU. (Foto: Prokop Bolmut)

Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terus mendorong pengembangan program dalam kerjasama utara-utara melalui forum BKSU.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Pemkab Bolmut dibawah pimpinan Sekretaris Daerah, DR. Drs. Asripan Nani,M.Si dalam rapat kerja BKSU Sektor pariwisata yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bone Bolango, Selasa (23/02/2021).

Dalam agenda ini, segenap Pemerintah Daerah yang tergabung dalam forum BKSU merumuskan bersama pengembangan potensi pariwisata dengan memaparkan program sektor pariwisata yang akan di kerjasamakan

Oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmut dipaparkan tentang festival pantai bunga indah, festival pantai pinagut, festival kuliner utara-utara serta pameran ekonomi kreatif.

Sementara dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara memaparkan soal potensi pariwisata pantai minanga, saronde, pulau lampu, oyile resort, pulau huha dan pulau raja. Sedangkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buol yakni terkait Festival Pesona Buol, dan dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango dipaparkan tentang pantai kurine, Air terjun Lombongo, Taman Laut Olele, Taman Makam Pahlawan Nani Wartabone, Makam Raja Pahlawan serta Makam Pinogu.

Terkait hal ini pula, Dekan Fakultas Sastra dan Budaya UNG, menyampikan gagasannya soal program pengembangan wisata, yakni dengan peningkatan kualitas pariwisata, peningkatan kualitas usaha pariwisata, juga peningkatan kualitas Aksebilitas pariwisata.

Dalam kesmpatan itu Sekda Bolmut menyampaikan beberapa catatan pengembangan potensi wisata yang akan dikerjasamakan BKSU dalam rangka mengenjot potensi PAD di daerah, diantaranya: Penyusunan rencana induk pengembangan pariwisata daerag (RIPPDA) bersma empat kabupaten; Penyusunan Kalender of event bersama BKSU; Pengembangan ekonomi kreatif; program mangang bersama pengelolaan pariwisata; serta Program audiens bersama bapak menteri Pariwisata ekonomi kreatif dan seluruh Bupati Badan Kerjasama Utara Utara. (*)

Benner Kepala